Fiksi, Gramedia Pustaka Utama, Romance, Sudah terbit

[Sinopsis] After – Setelah Dirimu

Judul asli: After
Penulis: Anna Todd
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah: Dina Begum
Penyunting: Ruth Priscilia
Tebal: 568 halaman
ISBN: 9786020630526
Terbit: Mei 2019

Tessa adalah gadis manis, memiliki ambisi, pacar baik hati, serta ibu yang selalu mengarahkan kehidupannya. Namun, saat baru memulai kehidupan perkuliahan, Tessa bertemu dengan Hardin. Berambut cokelat, beraksen Inggris kental yang arogan, serta tubuh dipenuhi tato, Hardin bukanlah cowok yang biasa Tessa hadapi dalam kehidupan SMA-nya.

Dengan semua sikap kasar dan kurang ajar Hardin, Tessa seharusnya membenci cowok itu. Dan, astaga, Tessa memang membenci cowok itu. Tapi itu semua hanya sampai ketika Tessa berada sendirian di kamar Hardin, tempat dia menemukan koleksi buku-buku sastra klasik yang tampak tidak sesuai dengan perawakan cowok itu.

Itu hanyalah permulaan. Hardin dengan seenak hati menerobos ke kehidupan Tessa, sedetik mengatakan dirinya cantik, sedetik kemudian menghilang, lalu kembali dalam keadaan mabuk dan mengatakan cinta.

Tessa sudah memiliki pacar sempurna, jadi mengapa dirinya begitu susah payah menghadapi sikap panas-dingin Hardin yang sudah sering melukai hatinya?

Atau… mungkinkah ini cinta?

“Ketika Anna Todd masuk ke Wattpad untuk pertama kalinya delapan tahun yang lalu, dia hanya ingin membaca fiksi penggemar. Di aplikasi itu, pengguna dapat mengirimkan cerita orisinal karya mereka, memperbaruinya sambil menulis. Todd sangat menyukai membaca kisah-kisah karakter dari Twilight atau Harry Potter. Bahkan, dia tidak bosan-bosannya membaca kisah-kisah itu.

Pada suatu hari, setelah dia melahap semua seri Wattpad yang saat itu memikatnya, dia memutuskan untuk mencoba menulis cerita sendiri.

“Aku hanya berpikir: Mungkin aku akan menulis cerita sendiri sambil menunggu penulis-penulis ini memperbarui. Satu cerita atau satu bab untuk menghibur diri,” ujarnya. Sebagai penggemar fiksi tentang One Direction, dia mengandapatkan inspirasi dari Harry Stylers sebagai orang yang dicintai oleh tokoh utamanya.

Dia sama sekali tidak menyangka ke mana arah jalan ceritanya, dan dia jelas-jelas tidak bisa membayangkan bahwa cerita itu akan menjadi sensasi seperti yang sekarang terjadi, dengan lebih dari satu miliar pembaca diWattpad, buku yang diterbitkan, dan film yang diadaptasi dari buku tersebut.

Seelah kiriman pertama, dia tidak tahu akan menjadi berapa bab cerita itu, tetapi berkata, “Aku menjadi ketagihan menulisnya.” Dia mulai menulis sepanjang waktu, dan karena hampir selalu bekerja di ponsel, dia mengirimkan cerita hampir dari mana saja. “Aku menulis di ruang tunggu dokter gigi, aku menulis sambil mendorong putraku di keranjang belanjaan di toko bahan pangan, aku menulis di kamarku di sofa.”

“Cerita berkembang di seputar seorang mahasiswa bernama Tessa, yang jatuh cinta kepada seorang pemuda yang memiliki rahasia kelam. Todd memberinya judul After, dan para pembaca Wattpad tertarik. Semakin sering dia mengirimkan cerita, semakin banyak orang mulai mengikuti dan mengomentari seri tersebut.”

“Pembaca bisa mengomentari setiap ucapan dan setiap kalimat, jadi Anda bisa melihat apa sebenarnya yang membuat mereka tertarik dan emosi mana yang dimainkan,” ucap Todd. Pada beberapa kasus, umpan balik pembaca menginspirasi Todd untuk membawa cerita ke arah baru. “Aku membaca komentar-komentar di bab sebelumnya dan memulai bab berikutnya,” Todd menjelaskan. “Di dalam komentar, orang menuliskan apa menurut mereka yang akan terjadi berikutnya. Namun, aku bisa memastikan bahwa mereka tidak menduga apa yang akan kulakukan.”

Todd menyelesaikan ke-99 bab cerita lebih dari lima tahun yang lalu, tetapi penggemarnya semakin bertambah. Bukan saja dia masih mendapatkan komentar dari para pembaca yang menemukan kisah After di aplikasi – “saat ini, aku menerima 36,000 notifikasi [dari para pembaca di aplikasi],” katanya – pembaca yang berjumlah banyak di aplikasi itu juga menarik perhatian Simon & Schuster, yang menerbitkan buku tersebut pada tahun 2014 dan melanjutkan menerbitkan beberapa bukunya sejak saat itu.

Kini, After telah diadaptasi untuk film, dan Todd bisa menonton kata-katanya diangkat ke layar lebar. Baginya, bagian terbaiknya adalah berbagi dengan semua penggemar Wattpad sementara dia mengirimkan foto-foto dan cuplikan film di aplikasi dan menyaksikan kehebohan mengalir masuk.

Walaupun dia menggenggam kesepakatan penerbitan jangka panjang dan buku-bukunya sudah dijual, dia tetap membaca dan menulis secara gratis di Wattpad, dan dia mempertahankan naskah orisinal seri After di platform tersebut. “Rasanya sekarang ini menjadi sesuatu yang emosional dan sakral bagiku, tempat yang kerap kudatangi untuk membaca komentar-komentar dan melihat orang-orang masih membacanya.”

Baginya, para pembaca Wattpad merupakan bagian yang penting di dalam proses penulisan, dan menjadi bagian dari buku itu sendiri. “Itu bukan hanya kisah milikku,” katanya. “Itu kisahku dan para pembacaku.”

Sumber: Apple Books.

9 tanggapan untuk “[Sinopsis] After – Setelah Dirimu”

  1. Hallo Mbak Dina, sebelumnya aku pernah comment di work mbak tapi kayanya gak ke notice. Masih pertanyaan yg sama Mbak, gimana caranya baca hasil terjemahan Mbak ?? Makasih sebelumnya ya mbak.

    Pada tanggal Rab, 22 Mei 2019 12:04, Dina’s Pensieve menulis:

    > Dina Begum posted: ” Tessa adalah gadis manis, memiliki ambisi, pacar baik > hati, serta ibu yang selalu mengarahkan kehidupannya. Judul > asli: AfterPenulis: Anna ToddPenerbit: Gramedia Pustaka > UtamaPenerjemah: Dina BegumPenyunting: Ruth PrisciliaTebal: 568 > halamanISBN” >

  2. Hai mbak Dina,
    Klo boleh tau, selama ini mbk Dina menterjemahkan buku berdasarkan permintaan penerbit ato gmn?
    Apakah mbk, menterjemahkan buku yg ingin, lalu di kirim draftnya ke penerbit?

    1. Hai. Selama ini aku menerjemahkan buku berdasarkan permintaan penerbit. Aku belum pernah berinisiatif menerjemahkan buku sendiri lalu dikirimkan kepada penerbit untuk dikerjakan. Penerbit sudah punya daftar buku apa saja yang ingin mereka terbitkan dan jadwalnya jadi belum tentu buku yang kita inginkan ada di dalam daftar mereka.

  3. Soalnya nunggu diterbitkan ato tidak msih lama mba, kalo mba punya terjemahan ebooknya,berminatkah utk dijual ? 🙂

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.